Friday, December 09, 2011

Saya Orang INDONESIA

"Kamu orang mana?"
"Kamu asli mana?"

Dua pertanyaan yang selalu saya hindari sejak saya masih kecil. Hal tersebut pun juga dialami oleh mama saya. Kenapa? Pertanyaan tersebut memang terdengar ramah pada orang yang tidak mengalami kekompleksan latar belakang budaya seperti keluarga saya. Namun, bagaimana dengan orang yang mengalami kekompleksan latar belakang budaya?

Sejak kecil, mama saya selalu menekankan bahwa "saya orang INDONESIA", kalimat itu juga yang menjadi jawaban kami (mama dan saya) atas dua pertanyaan di atas tersebut. Namun, apa respons orang-orang yang bertanya ketika kami menjawab "saya orang INDONESIA"? Mereka tertawa dan menganggap kami bercanda, tidak serius. Itulah kenyataannya.

Selama ini, saya hanya tahu bahwa papa saya seorang Jawa-Sumatra dan mama saya seorang Jawa-Sunda, dengan berbagai ipar papa-mama dari Sabang hingga Merauke, dengan saudara angkat orang Indonesia dan asing, dengan saudara kandung dan tiri, dengan tiga agama berbeda. Hingga suatu saat, karena suatu hal, saya memutuskan untuk mencari tahu mengenai silsilah keluarga saya, hingga berujung bahwa saya adalah keturunan ketujuh dari suatu silsilah keluarga dari mama saya. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Kenyataannya adalah, papa dan mama saya adalah orang Jawa asli (menurut latar belakang hanya dari eyang saya/orangtua kandung dari orangtua saya saja, karena selebihnya, nenek moyang saya juga mengalami perkawinan campuran). Namun, papa saya lahir, besar, dan memiliki saudara angkat di Sumatra. Begitu juga mama saya, meskipun mama saya lahir di Solo, namun beliau besar di Bandung dan Jakarta, memiliki saudara angkat orang asing dan saudara tiri juga.

Lalu kenapa papa dan mama tidak menjawab setiap pertanyaan di atas dengan "saya orang JAWA"? Kenapa menjawab dengan "saya orang INDONESIA"? Karena latar belakang budaya di mana beliau lahir dan besar, serta keluarga angkat dan tiri yang beliau miliki, yang akhirnya telah membentuk papa dan mama saya sebagai "saya orang INDONESIA". Karena keluarga besar saya, baik dari papa dan mama, adalah orang INDONESIA, tak peduli dengan ras, suku bangsa, kewarganegaraan, atau agama yang melekat pada saudara angkat, tiri, maupun ipar dari papa dan mama saya. Kami adalah orang INDONESIA.

Saya adalah orang INDONESIA =)

No comments:

Post a Comment